Monday, June 15, 2009

Jembatan Terpanjang di Indonesia

Seperti apa jembatan terpanjang di Indonesia?



Inilah dia Jembatan Nasional Suramadu. Suramadu itu pendekan dari Surabaya-Madura kan ya? Panjangnya nyaris 5.5 KM di atas selat Madura. Mulai dibangun tahun 2003, dan baru saja diresmikan beberapa hari yang lalu oleh Yang Terhormat Bapak Presiden RI, SBY. Keren ya? Indonesia mang hebat! Tau gak ngabisin berapa duit nih jembatan? 5 triliun Rupiah. Budget awal adalah cuma 3.5 triliun. Bingung yah triliun itu nolnya berapa? Gw perkecil, 5 triliun Rupiah itu kira-kira sama dengan 350 juta Euro. Nah, makin bingung kan loe? Gak usah dipikirin lah. Saking canggihnya, jembatan ini ada website pribadi juga loh, mampir aja: Jembatan Nasional Suramadu.

Alhamdulillah satu projek jembatan telah selesai. Mudah-mudahan Jembatan Selat Sunda segera dibangun ya... Kabarnya bakal dimulai tahun 2010 dan selesei 2025. Budgetnya? 80 - 100 triliun Rupiah. Pakai tiga jalur, satu untuk mobil dan dua lagi untuk kereta. Panjangnya 30an KM dengan tinggi sekitar 70 M dari selat sunda. Nah, kalau ada jembatan ini kan jadi gampang mo nyebrang, gak musti ngantri lagi di Merak atau Bekauhuni. Kalau selesei, para arsiteknya memproyeksikan si jembatan akan seperi ini:



Keren yak. Indonesia mang hebat, dan mang BISA! Sekarang mari kita bandingkan dengan jembatan-jembatan megah lainnya di dunia.


1 comment:

  1. Jembatan Suramadu Runtuh:
    http://www.youtube.com/watch?v=jhJzxueuyT4

    ReplyDelete